-->

Belajar Mudah Konversi Satuan Panjang dengan Media Matrix Satuan Panjang

Matrix Satuan Panjang untuk membantu bejajar Konversi Satuan Satuan Panjang. Satuan Panjang diajarkan di SD pada kelas 3 sampai dengan kelas 6. Sering Bapak/Ibu guru dapati masih banyak siswa kelas 5 dan 6 kesulitan dalam mengkoversikan satuan panjang. 

Biasanya guru mengajarkan cara mengkonversikan satuan panjang dengan tangga satuan panjang. Memang untuk menanamkan konsep satuan panjang sesuai panduan buku paket sering digunakan tangga satuan panjang.

Belajar Mudah Satuan Panjang dengan Matrix Konversi Satuan Panjang


Tahukan Bapak/Ibu guru ada sebuah media yang dapat dengan mudah membantu Bapak/Ibu guru dalam mengajarkan konversi satuan panjang?  Hayu simak pembahasannya disini. Sebetulnya media MATRIX SATUAN PANJANG ini dikalangan sebagian guru sudah tidak aneh. Akan tetapi, pengalaman penulis sebagai IN/Mentor PKB ketika menyampaikan media ini guru masih belum banyak yang tahu. Pas dijelaskan cara penggunaannya, para guru tersenyum memperlihatkan kesetujuannya untuk menggunakan media ini.

Cara menggunakan media Matrix Konversi Satuan Panjang (MKSP) sangat mudah sekali. 
Contoh :
1.  5 hm = ...... dm
     Cara menyelesaikan dengan MKSP adalah 
a.  simpan angka 5 di kolom hm, selanjutnya tambahkan angka 0 ke setiap kolom sampai kolom dm
b.  maka didapat 5 hm = 5.000 dm



2. 15 km = .... m
     Cara menyelesaikan dengan MKSP adalah 
a.  simpan angka 5 satuan di kolom km kemudian 1 puluhan disimpan di sebelah kiri kolom km, selanjutnya tambahkan angka 0 ke setiap kolom sampai kolom m
b.  maka didapat 15 km = 15.000 m


Belajar Mudah Konversi Satuan Panjang dengan Matrix


3.  0,5 dam = .... cm
 Cara menyelesaikan dengan MKSP adalah 
a. simpan angka 0 satuan di kolom dam kemudian angka 5 sepersepuluhan (setelah koma) disimpan di  kolom hm, selanjutnya tambahkan angka 0 ke setiap kolom sampai kolom cm, hilangkan angka 0 yang di depan.
b.  maka didapat 0,5 km = 500 cm


4.  5 cm = .... hm
 Cara menyelesaikan dengan MKSP adalah 
a. simpan angka 5 satuan di kolom cmselanjutnya tambahkan angka 0 ke setiap kolom di sebwlah kiri sampai kolom hm, berikan koma (,) setelah angka 0 pertama.
b.  maka didapat 5 cm = 0,0005 hm


Saya berharap postingan ini dapat membantu Bapak/Ibu guru dalam mengajarkan Matematika materi konversi satuan panjang dengan mudah dan menyenangkan. 

Media Matrix Konversi Satuan Panjang ini dapat dibuat di papan melamine agar dipakai lama, dapat juga dibuat matrikx nya di papan tulis.

SELAMAT MENCOBA

Jadilah Guru Hebat yang kreatif Inovatif dan menyenangkan dalam mengajarnya.

Jika Bapak/Ibu Guru memerlukan administrasi pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP, Naskah Soal PH, PTS, KKM, Informasi Lomba) silahkan kunjungi alamat www.portaledukasidikdas.com 





0 Response to "Belajar Mudah Konversi Satuan Panjang dengan Media Matrix Satuan Panjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel